Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

Mungkin Anda bertanya mengapa bahasa Inggris yang dijadikan sebagai bahasa internasional. Mengapa bukan bahasa Indonesia saja yang mudah dipelajari? Iya memang bagi kita mudah, karena bahasa nasional kita bahasa Indonesia. Bahasa Inggris juga mudah, bagi orang tinggal di negara yang bahasa nasionalnya bahasa Inggris.

Apa yang menyebabkan suatu bahasa menjadi bahasa internasional? Apakah dilihat dari banyaknya jumlah penutur bahasa tersebut? Ternyata tidak, banyaknya penutur bukan penyebab suatu bahasa menjadi bahasa internasional. Berdasarkan data di Wikipedia, bahasa Inggris hanya menduduki peringkat keempat sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Peringkat pertama diduduki bahasa Mandarin, disusul bahasa Spanyol dan bahasa Hindi. Sedangkan bahasa Indonesia menduduki peringkat kedelapan.

Akan tetapi, bahasa Inggris menduduki peringkat pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan secara luas berdasarkan negara, terlepas dari penutur asli atau bukan. Maksudnya, ada banyak negara yang penduduknya menggunakan bahasa Inggris (seperti seperti Amerika Serikat, United Kingdom, Kanada, Singapura, Australia, Malaysia, dan sebagainya (Indonesia tidak termasuk). Bahasa Mandarin memang bahasa dengan jumlah penutur terbanyak, tapi tidak banyak negara yang penduduknya menggunakan bahasa Mandarin.

Salah satu pendapat tentang alasan bahasa Inggris menjadi bahasa internasional adalah dulu Inggris banyak menjajah negara-negara di dunia. Inggris menjadi negara yang dominan dalam perdagangan dunia. Hal ini berarti Inggris dapat mengontrol perekonomian berbagai negara. Hampir sebagian wilayah di dunia pernah dijajah Inggris. Berdasarkan catatan Wikipedia, Ada 90 negara yang pernah dijajah Inggris, baik yang sudah menyatakan kemerdekaannya maupun yang dimerdekakan oleh Inggris.

Dampak dari penjajahan yang dilakukan oleh Inggris salah satunya yaitu menyebarnya bahasa Inggris, yang hingga kini dijadikan sebagai bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Bahkan sejumlah negara menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang global. Berbagai perangkat elektronik menggunakan bahasa Inggris. Internet ditemukan oleh orang yang tinggal di negara yang bahasa resminya bahasa Inggris. Berbagai jurnal ilmiah menggunakan bahasa Inggris. Bahkan anak kecil di Amerika sudah bisa bahasa Inggris.

Dengan banyaknya penggunaan bahasa Inggris, menjadikan bahasa ini menjadi sangat penting untuk dipelajari, apalagi bagi Indonesia sebagai negara berkembang.

Mungkin Anda pernah baca kalau orang Jepang banyak yang tidak bisa bahasa Inggris. Lalu ada argumen, kalau Jepang yang notabene negara maju saja banyak yang tidak bisa berbicara bahasa Inggris, maka bisa dimaklumi dong kalau Indonesia banyak yang tidak bisa bahasa Inggris. Eits, justru sebaliknya, karena Jepang negaranya sudah maju, maka urgensi untuk mempelajari bahasa Inggris lebih kecil daripada Indonesia yang notabene negara berkembang.

Memang bahasa Inggris bagi orang Indonesia itu bahasa yang susah. Orang Indonesia cenderung membaca kata sesuai fonetik. Misalnya, kalau bahasa Indonesia, huruf ‘c’ dibaca tetap ‘c’, bandingkan dengan bahasa Inggris, tergantung letak dan huruf apa setelah huruf ‘c’.

Lalu bagaimana agar bisa berbahasa Inggris? Praktek. Praktek adalah cara terbaik untuk mempelajari suatu bahasa. Bagi yang belajar bahasa Inggris agar bisa berbicara bahasa Inggris, jangan terlalu dipusingkan dengan grammar. Ingatkah bagaimana awalnya hingga Anda bisa berbahasa Indonesia? Apakah Anda belajar awalan, sisipan, akhiran, kalimat majemuk, dan sebagainya atau langsung praktek?

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional? | Admin | 4.5
/* */